Tempat-Wisata-di-Antalya-Turki
Foto: turkinesia.net

Daftar Tempat Wisata di Antalya Turki

Posted on

ExTravel.id | Antalya adalah sebuah kota di pinggir pantai yang berada di Turki. Kota ini terkenal dengan tempat wisatanya. Jadi tidak heran jika kota yang satu ini dijuluki sebagai “ibu kota pariwisata” Turki. Menurut beberapa sumber sebanyak 30% wisatawan asing yang datang ke Turki berada di wilayah Antalya. Wow!

Sejarah Kota Antalya

Kota Antalya pertama kali dibangun pada tahun 150 SM oleh Raja Attalus II dari Pergamom. Pada saat itu, kota tersebut dinamai dengan Attaleia atau Attalia dan dengan cepat diubah menjadi kota markas angkatan laut raja tersebut.

Antalya menjadi kota yang sangat makmur ketika menjadi bagian dari Kekaisaran Romawi, dan terus menjadi kota yang makmur ketika zaman Kekaisaran Bizantium dan Kesultanan Utsmaniyah.

Saking makmur dan indahnya kota ini, Ibnu Batutah, seorang petualang terkenal dari Arab, mencatat bahwa dalam perjalanannya, kota ini dipenuhi oleh orang-orang dari berbagai latar belakang seperti orang Muslim, Kristen, dan Yahudi.

Tempat Wisata di Antalya yang Populer

Bagi Anda yang berencana menghabiskan waktu liburan ke Turki, berikut ini kami rekomendasikan beberapa tempat wisata di Antalya yang sangat menarik untuk Anda dikunjungi.

1. Pantai Konyaalti

Kalau pantai adalah tujuan pertama Anda, Pantai Konyaaltı adalah pantai yang harus Anda kunjungi di kota ini! Pantai ini gratis untuk dimasuki semua pengunjung dan memiliki air laut yang jernih sekali. Apalagi, sekarang sudah ada banyak restoran, cafe, dan bar serta fasilitas berenang di sepanjang pantai yang bisa disewakan untuk para pengunjung.

2. Air Terjun Düden

Air Terjun Düden adalah salah satu tujuan wisata Turki yang unik karena ada dua lokasi dari air terjun ini! Air Terjun Düden Atas adalah sebuah air terjun yang dikelilingi oleh sebuah hutan kecil, sedangkan Air Terjun Düden Bawah adalah air terjun yang airnya langsung terjun ke lautan di Antalya.

3. Alanya

Alanya adalah daerah yang terkenal dengan julukan Günesşin Gülümsediği Yer (Tempat Matahari Tersenyum) karena matahari selalu bersinar di kota ini sepanjang tahunnya. Daerah dengan perairan tenang ini menjadi salah satu tempat wisata di Antalya yang nyaman bagi pengunjung.

4. Kemer

Tempat wisata di Antalya berikutnya adalah Kemer. Kemer adalah daerah yang ditutupi oleh hutan dan perbatasan dengan pesisir pantai yang indah berlokasi di kaki Perbukitan Taurus. Di daerah ini, Anda bisa menikmati kereta gantung yang akan menuju ke puncak Gunung Tahtali yang ada di perbukitan tersebut. Wow!

5. Kas

Meski namanya agak aneh, daerah Kas adalah desa nelayan yang terkenal menjadi salah satu tempat wisata di Antalya. Ada banyak rumah peninggalan Kesultanan Utsmaniyah dan bukit-bukit batu yang memperindah Kas dan juga dikelilingi oleh indahnya Laut Mediterania.

Kuliner Antalya

Antalya punya banyak hidangan kuliner yang wajib Anda coba ketika berlibur di sana. Berikut ini adalah hidangan kuliner pembuka, utama, dan hidangan penutup di Antalya.

Hidangan pembuka

Ketika berlibur di Antalya, ada beberapa hidangan pembuka yang bisa Anda coba. Diantaranya yaitu

  • hibeş (terbuat dari pasta wijen, lemon, bawang putih, dan rempah)
  • dan es krim lentil (terbuat dari lentil, beras, bawang putih, dan merica yang disajikan dingin).

Keduanya wajib dicoba ketika liburan di Antalya.

Hidangan utama

Kuliner Turki terkenal sebagai kuliner yang memiliki banyak keragaman dan ini juga bisa ditemukan di Antalya.

  • sate bakso Turki;
  • sup kulaklı (pangsit isi daging cacah dari kaca buncis serta saus tomat dengan bumbu rempah);
  • sup gülüklü (sop isi bakso kecil, kacang buncis, dan beras yang dimasak dengan saus tomat);
  • paprika isi daging;
  • domba isi, dan sebagainya.

Hidangan penutup

Setelah hidangan utama yang memuaskan, waktunya menikmati hidangan penutup khas Antalya yang menyegarkan.

  • arap kadayıf (kue isi kacang gula dan kayu manis yang digoreng dan disajikan dengan sirop lemon dan gula)
  • labu Tahini (potongan labu yang dimasak dengan air gula dan ditaburi dengan saus wijen serta kacang kenari)
  • baklava (kue isi kacang pistachio yang dibalur gula dan madu)
  • revani (kue semolina dari minyak zaitun dan jeruk yang dibalur dengan sirop, gula, dan madu)
  • selai mawar, dan sebagainya.

Menu hidangan penutup di atas bisa Anda coba saat berkunjung ke tempat wisata di Antalya Turki.

Itulah ulasan beberapa tempat wisata di Antalya Turki dan ragam hidangan kuliner khas nya. Semoga bermanfaat ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *