Tempat-Wisata-di-Pamukkale

Daftar Tempat Wisata di Pamukkale Turki

Posted on

Tempat Wisata di Pamukkale | Dalam bahasa Turki, Pamukkale berarti benteng kapas atau istana kapas. Nama ini muncul karena wilayah yang berada di Provinsi Denizli ini memang menyuguhkan panorama berbatuan cantik nan putih layaknya sebuah kapas. Itulah mengapa Pamukkale menjadi salah satu tujuan wisata populer yang cukup unik di Turki.

Sejarah Pamukkale

Seperti yang sudah diceritakan sebelumnya, wilayah Pamukkale memiliki banyak batuan yang kaya dengan mineral karbonat. Berbatuan ini memiliki warna putih atau abu-abu.

Daerah ini sudah ditinggali oleh berbagai peradaban seperti Yunani Kuno dan Romawi Kuno sejak awal abad 2 SM, di mana peninggalan kota Hierapolis turut dibangun di daerah ini.

Karena sejarahnya yang begitu panjang, kota ini menampung begitu banyak peninggalan sejarah dari peradaban Yunani dan Romawi Kuno yang sampai sekarang masih bisa dikunjungi di Pamukkale.

Meski begitu, sekarang Pamukkale lebih banyak berfungsi sebagai sebuah tempat wisata daripada permukiman warga.

Tempat Wisata di Pamukkale

Pamukkale memiliki daya tarik tersendiri untuk mendadangkan para wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Betapa tidak, Pamukkale memiliki tempat-tempat wisata berupa kolam pemandian air panas yang terbentuk secara alami.

Kolam-kolam tersebut sudah ada sejak awal abad 2 SM yang kini mampu menyihir para wisatawan manca negara untuk datang ke Pamukkale. Kolam apa saja? Berikut ini ulasannya.

Kolam Kleopatra

Kolam ini menjadi salah satu tempat wisata di Pamukkale yang cukup populer. Orang-orang setempat menyebutnya sebagai Kolam Kleopatra. Mengapa?

Konon, kolam ini dahulunya adalah sebuah kolam khusus Ratu Mesir Kleopatra yang dihadiahkan oleh Markus Antonius (Marc Anthony). Anda tentu tahu dengan popularitas kecantikan Ratu Kleopatra, bukan?

Kolam ini punya luas sebesar 15 x 15 m dan mengandung banyak mineral alami yang membuatnya jadi tempat pemandian yang berkhasiat bagi kesehatan kulit.

Teras travertin alami

Batu travertin adalah sejenis batu kapur yang mengalami pengendapan di daerah-daerah yang memiliki kolam air panas alami. Karena Pamukkale terkenal sebagai pemandian air panas alami, tidak mengherankan kalau ada banyak batu travertin yang berbentuk.

Menariknya, endapan tersebut membentuk seperti sebuah teras besar menyerupai sawah yang membentang luas di Pamukkale.

Teras-teras travertin tersebut menyatu dengan kolam-kolam air panas cecara alami sehingga nampak sangat indah.

Bagi Anda yang akan berkunjung ke tempat wisata di Pamukkale Turki yang satu ini siapkan kemera terbaik Anda untuk mengabadikan pemandangan memukau ini.

Gua Kaklik

Selain kolam pemandian air panas diatas, salah satu tempat wisata di Pamukkale yang populer selanjutnya adalah Gua Kaklik. Dibandingkan dengan endapan batu travertin lainnya yang bisa ditemukan di permukaan tanah, gua ini terkenal karena memiliki begitu banyak endapan kapur yang berlokasi di bawah tanah. Waw!

Gua yang bertempat di bawah hutan kecil ini memiliki akses jembatan setapak yang digunakan supaya para wisatawan tidak merusak batu alami yang ada.

Sambil menyusuri jembatan setapak, para wisatawan bisa menikmati hawa dingin di gua ini meski cuaca sedang sangat terik di luar sana.

Itulah beberapa tempat wisata di Pamukkale yang bisa Anda kunjungi saat ke Turki. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *